Pangan dan Energi Aman, Masyarakat Terjamin Selama Pandemi Covid-19

50
Pangan dan Energi Aman, Masyarakat Terjamin Selama Pandemi Covid-19

PANDEMI Covid-19 menjadi sebuah momok yang menakutkan bagi msayarakat saat ini. Penigkatan korban yang terus terjadi menimbulkan keresahan bagi masyarakat dan mendorong pemerintah membatasi aktivitas masyarakat.

Hal ini dinilai menjadi solusi dalam memutus rantai penyebaran Covid-19, namun di sisi lain hal ini menjadi keresahan dalam diri masyarakat. Keresahan masyarakat timbul terkait kesediaan pangan dan sumber energi.

Lihat juga  PB HMI MPO Setuju atas Status Teroris Terhadap Kelompok KKB di Papua

Masyarakat selalu bertanya, “Apakah kita memiliki kesediaan pangan yang baik?”. Pertanyaan ini muncul karena masyarakat tidak dapat melaksakan kegiatan seperti biasa mereka lakukan, pekerjaan yang dibatasi, yang artinya jaminan pangan mereka akan berkurang. Seperti yang dialami oleh para pedagang kecil, menurunnya jumlah pelanggan mengakibatkan menurunnya juga pemasukan mereka, hal ini yang menjadikan kesulitan dalam pengadaan pangan. Pertanyaan seperti ini yang belum terjawab dalam masyarakat, belum ada keterbukaan dari pihak pemerintah kepada masyarakat terkait dengan hal ini.

Melihat situasi ini, kelompok pemuda yang tergabung dalam CORONA CRISIS CENTRE PEMUDA INDONESIA (CCCPI) yang bekerjasama dengan KUN HUMANITY SYSTEM merasa perlu adanya pertemuan antara masyarakat dengan pemerintah atau pihak yang ahli dalam pembasahan pangan dan energi. Karena tidak memungkinan untuk dilakukan pertemuan fisik, maka pertemuan tersebut dilakukan melalui media online, yaitu ZOOM. Pertemuan yang dilaksanakan pada hari kamis, 16 April 2020, Pukul 12.00 membahas tentang pertanyaan masyarakat yang belum terjawab, yaitu mengenai ketahanan pangan dan energi di tengah pandemi Covid-19. Pertemuan tersebut dihadiri oleh wakil ketua komisi IV DPR RI, yaitu Daniel Johan dan Executive Director IDNL, yaitu Hokkop Situngkir, serta dihadiri oleh berbagai kalangan masyarakat, seperti mahasiswa bahkan pedagang kecil.

Lihat juga  Gema Takbir Berkumandang Iringi Shalat Jumat Pertama di Tenda Mesjid At Tabayyun TVM

Dalam pertemuan tersebut, Daniel Johan selaku wakil ketua komoisi IV DPR RI menekankan bahwa kita tidak usah kuatir terkait kesediaan pangan kita. Dia menjelaskan bahwa kesediaan pangan kita sangat aman, karena kita memiliki banyak stok pangan seperti beras yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Dia juga menambahkan bahwa dalam kepemilikan beras, semuanya adalah milik negara. Dia menghimbau bahwa masyarakat tidak usah takut terkait hal ini, karena itu sudah dijamin oleh pemerintah.

Selain itu Hokkop Situngkir yang merupakan Executive Director IDNL juga menjelaskan bahwa energi kita berlebih. Energi yang berlebihan tersebut disebabkan oleh berhentinya industri di negara kita. Karena itu masyarakat tidak perlu takut mengenai energi kita, kita tidak mengalami kekurangan energi, malah sebaliknya, kita mengelami kelebihan energi.

Lihat juga  Peran Polsek Hanya Harkamtibmas, Tak Boleh Lakukan Penyidikan

Dari penjelasan Daniel Johan dan Hokkop Situngkir memberikan kita satu kepastian informasi bahwa ketahanan pangan dan energi kita di tengah pandemi Covid-19 sangat aman. Artinya masyarakat tidak perlu takut terkait dengan kesediaan pangan dan sumber energi kita karena hal ini sudah dijamin oleh pemerinta kita, masyarakat tidak akan mengalami kekurangan pangan karena kita memiliki kesediaan pangan yang aman, seperti beras dan masyarakat tidak akan kehabisan energi karena kita mengalami kelebihan energi.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here